Feb
19
Bermain Masak Masakan

image
by promomainan
posted in Articles
272

Bermain masak-masakan, dapat mengasah ketrampilan motorik, kreativitas dan rasa percaya diri.

Antusias dan percaya diri. Siapkan celemek. Beri balita tugas sederhana, seperti mengocok telur, mencampur, mengaduk, membentuk adonan dan menghiasnya setelah adonan siap. Semua ini memerlukan ketrampilan tangan dan jemari. Dibolehkan ikut sibuk di dapur juga membuat anak-anak antusias. Mereka merasa jadi anak besar yang pintar.
Selain melatih motorik, balita juga ditantang kreativitasnya. Ia bisa membuat berbagai bentuk dan menghias kue sesuai selera. Hal ini akan menambah rasa percaya dirinya. Saat menghias kue, misalnya, ia bisa melakukan berbagai percobaan yang membuat kuenya tampak lain dari yang lain. Ia tahu ia ikut menghasilkan sesuatu yang bisa dimakan setelah diolah.

Tip aman. Bermain masak-masakan berarti berurusan dengan peralatan dapur yang seringkali mengundang bahaya. Supaya balita dan Anda tetap aman, maka:

Jangan biarkan anak melakukan kontak dengan peralatan yang menggunakan listrik. Katakan dengan jelas pada balita mana saja alat yang aman disentuhnya dan yang tidak aman.
Jelaskan pada balita, bahwa ada tugas-tugas dapur yang jadi bagian orang dewasa, dan ada yang bisa dikerjakan anak-anak.
Berikan aturan positif, misalnya harus cuci tangan sebelum dan sesudah memegang adonan, tak boleh pegang pisau dan peralatan tajam, dan seterusnya.
Pilih resep makanan yang tak perlu kompor atau banyak menggunakan pisau.

Sumber:
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/Bermain%2bdan%2bPermainan/bermain.masakmasakan/001/003/113/1/1

BELI PRODUK KAMI :
 
Pretty Pricess Dream
 
Jewelry Projects
 
Excavator High Performace R/C
 
Track Mobil Cars 2 Disney